Kontroversi Gol Manchester City, Rodri Lolos dari Jebakan Offside

Kontroversi Gol Manchester City, Rodri Lolos dari Jebakan Offside

Kamis, 21 Jan 2021
Kemenangan 2-0 Manchester City atas Aston Villa, Kamis (21/1) dini hari WIB dibumbui kontroversi. Ada yang meragukan soal gol pertama yang dicetak Bernardo Silva.

Duel kontra Villa kali ini sungguh merepotkan untuk pasukan Pep Guardiola. Mereka mendominasi dan menggempur, tapi begitu sulit menemukan celah untuk mencetak gol.

Man City baru bisa menjebol gawang Villa di menit ke-79 lewat kaki Bernardo Silva. Gol ini memecah kebuntuan dan membuat sisa laga jadi lebih mudah.
 

Proses gol

Proses gol pertama Man City ini unik. Dimulai dari tendangan gawang Martinez, lalu bola disundul kembali oleh salah satu pemain Man City di lini tengah.

Seharusnya tidak ada bahaya apa pun, Tyrone Mings mengontrolnya tanpa gangguan pemain Man City. Namun, ternyata ada Rodri yang sejak awal berdiri di belakang Mings ketika Martinez membuat tendangan gawang.

Rodri awalnya tidak berniat mengejar bola, memang sunduan bola tidak mengarah padanya. Namun, begitu Mings menyentuh bola, gelandang Spanyol ini langsung sigap mencurinya dari belakang.

Rodri kemudian memberikan bola pada Silva yang berlari di sisi kanannya, dan Silva menuntakannya dengan sepakan kaki kiri melengkung.
 

Kenapa gol disahkan

Pemain Villa protes keras usai gol tersebut. Sang pelatih, Dean Smith, bahkan sampai dihukum kartu merah karena protes berlebihan di sempadan lapangan.

Meski demikian, gol itu tetap dihitung sah, tidak ada pelanggaran atau offside dalam protesnya. Ternyata ini merupakan salah satu celah dalam peraturan sepak bola yang dirancang oleh International Football Association Board (IFAB).

Demikian bunyi peraturan selengkapnya:

"Seorang pemain dalam posisi offside yang menerima bola dari lawan yang dengan sengaja memainkan bola tersebut, termasuk dengan handball yang disengaja, tidak dianggap memperoleh keuntungan, kecuali itu adalah penyelamatan yang disengaja oleh pemain lawan mana pun."
 

Awalnya Offside

Singkatnya, Rodri awalnya benar ada di posisi offside, tapi tidak dianggap pelanggaran karena tidak ada bola, dan seharusnya Villa tidak perlu kebobolan andai Mings membiarkan bola melewatinya.

Namun, begitu Mings dengan sengaja menyentuh bola, Rodri bebas bergerak. Hal ini tidak dihitung sebagai keuntungan Rodri, dia tidak membuat pelanggaran offside, dan permainan boleh dilanjutkan.

Kuncinya ada pada Mings. Dia mengontrol bola tanpa menyadari ada Rodri yang bersiap di belakangnya.

Sumber: Goal
 

Sekarang bisa nonton bola sambil main sportsbook di satu tempat, Tunggu apa lagi, Dengan Deposit 10ribu Rupiah Anda Sudah Dapat Bermain di Agen Bola Online Terpercaya

Untuk anda yang ingin mencoba permainan ini tapi hanya mempunyai modal secukupnya, tidak perlu khawatir. Anda bisa mengunjungi Agen Bola Online Disini.

Dengan Minimal Deposit hanya Rp. 10.000 saja dan terdapat banyak Promo Menarik.

Segera daftarkan diri anda dan raih jackpotnya yang sudah di siapkan untuk semua pemain yang beruntung.


Chelsea terus merangkai kemenangan bersama Thomas Tuchel. Se...

Dalam sepak bola apabila terjadi gol permulaan permainan dil...

Paul Pogba dikritik karena gagal memaksimalkan peluang terba...

Manchester United menghajar Southampton dengan skor telak 9-...

Perjuangan Liverpool untuk mempertahankan gelar Liga Inggris...

Send Message