Liga tertinggi sepak bola di Inggris adalah Liga Primer Inggris atau juga English Premier League (EPL). Kompetisi ini diikuti oleh 20 klub terbaik dengan sistem promosi dan degradasi. Tiga tim dengan posisi terendah di Liga Utama tersebut akan di degradasi, dan digantikan dengan dua tim teratas Kejuaraan EFL (English Football League Championship), liga kasta dua di sepak bola Inggris. Sementara itu, untuk jatah tim ketiga ditentukan melalui rangkaian play-off dari peringkat 3 hingga 6 di EFL.

Musim kompetisi EPL dimainkan dari bulan Agustus hingga Mei, dengan total 38 pertandingan untuk setiap tim, yaitu 19 laga kandang dan 19 laga tandang. Masing-masing klub saling bermain menghadapi lawan yang sama dalam dua pertandingan (sistem round-robin ganda).

Tim yang memenangkan pertandingan akan diganjar 3 poin, sementara tim kalah tidak mendapatkan poin. Namun jika pertandingan berakhir imbang, kedua tim akan mendapat 1 poin. Peringkat EPL akan diurutkan berdasarkan total poin yang diperoleh, kemudian selisih gol, selanjutnya jumlah gol yang dicetak. Jika masih imbang, tim dianggap menempati peringkat yang sama. Jika tim peringkat sama tersebut mempengaruhi penentuan juara, degradasi, atau kelolosan pada kompetisi lainnya, maka dilaksanakan laga play-off di tempat netral untuk menentukan peringkat.

Mayoritas laga EPL dilangsungkan petang hari, waktu Inggris, pada hari Sabtu dan Minggu.

Peringkat 1 hingga 4 EPL akan mendapat kesempatan untuk melaju ke UCL (UEFA Champions League), liga kasta pertama sepak bola di daratan Eropa. Mempertemukan jawara masing-masing negara, termasuk liga Jerman, Liga Jerman, dan liga Spanyol.

Dalam liga Inggris terdapat beberapa klub yang mendominasi peringkat atas, berikut ini daftarnya.

Liverpool

Klub yang didirikan sejak tahun 1892 ini merupakan jawara EPL musim 2019/2020. Di nahkodai oleh manager Jurgen Klopp, Liverpool juga berhasilkan menjuarai UEFA Champions League tahun 2019.

Secara umum, Liverpool adalah salah satu klub Inggris tersukses sepanjang masa. Secara domestik, klub ini berhasil mengoleksi 9 titel liga utama, 7 FA Cup, dan 15 FA Community Shield. Sementara itu di level internasional, Liverpool berhasil mengoleksi 6 gelar UEFA Champions League, 3 UEFA Cup, dan 4 UEFA Super Cup. Bintang yang memperkuat skuad Liverpool saat ini adalah jajaran pemain jempolan di liga Eropa. Beberapa di antaranya seperti Allison Becker sebagai penjaga gawang, Virgil van Dijk sebagai bek, Sadio Mane sebagai forward, Mohammed Salah sebagai forward, dan Roberto Firmino sebagai forward. Pemain-pemain tersebut merupakan jajaran pemain dengan performa terbaik di EPL. Tak heran saat ini Liverpool memuncaki kekuatan liga Inggris.

Manchester City

Pemegang tahta EPL musim 2018/2019 ini gagal memenangkan gelar musim ini dan berada di posisi kedua. Terkenal dengan seragam kandang klasik berwarna biru muda, Manchester City sudah berhasil mengoleksi FA Cup, League Cup, hingga European Cup Winners Cup.

Saat ini klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini diperkuat pemain-pemain jempolan seperti Raheem Sterling sebagai forward, Sergio Aguero sebagai forward, Kevin de Bruyne sebagai gelandang, dan Gabriel Jesus sebagai forward. Baik sisi defensif ataupun menyerang, tim ini bisa diandalkan sehingga mampu mempertahankan posisi top 5 klasemen selama beberapa tahun terakhir.

Manchester United

Peringkat 3 EPL musim 2019/2020 ini tentu tak asing dengan pecinta bola di seluruh dunia, bahkan hingga masyarakat awam. Di manageri oleh Ole Gunnar Solskjær, Manchester United diperkuat bintang-bintang sepak bola terkenal seperti Paul Pogba sebagai gelandang, Bruno Fernandes sebagai gelandang, Aaron wan-Bissaka sebagai bek, dan David de Gea sebagai penjaga gawang.

Klub papan atas Inggris ini telah memenangkan beragam gelar domestik dan internasional termasuk 20 gelar Liga Utama, 12 FA Cup, dan 3 EUFA Champions League. Tak heran citra klub dengan julukan Setan Merah ini sangat melekat bagi pecinta bola, terutama liga Inggris.

Chelsea

Bermarkas di Stamford Bridge, London, salah satu klub unggulan EPL ini telah berhasil memenangkan 6 gelar liga, dan 6 tropi Eropa hingga saat ini. Chelsea diisi pemain-pemain terbaik seperti N’Golo Kante sebagai gelandang, Andreas Christensen sebagai bek, Olivier Giround sebagai forward, Tammy Abraham sebagai forward, Marcos Alonso sebagai bek dan Jorginho sebagai gelandang.

Tak heran, musim 2019/2020 ini Chelsea mampu mengamankan posisi 4 besar dan berhak melenggang ke babak kualifikasi UEFA Champions League.

Leicester City

Didirikan tahun 1884, Leicester City adalah salah satu dari 7 klub yang pernah memenangkan English Premier League, yaitu pada musim 2015/2016 silam. Tampil amat memukau pada musim itu dan tak disangka dapat memuncaki peringkat pertama, klub ini akhirnya mendapat julukan ‘The Invicibles’.

Pada musim 2019/2020 ini pun, klub yang berkandang di King Power Stadium ini berhasil finish di peringkat kelima. Hal tersebut berkat racikan sang manager Brendan Rodgers dan jajaran pemain-pemain terbaik seperti Kasper Schmeichel sebagai penjaga gawang, Jonny Evans sebagai bek, Jamie Vardy sebagai forward, dan Wes Morgan sebagai bek.

Tottenham

Klub yang bermarkas di Tottenham Hotspur Stadium ini pernah memenangkan 2 gelar liga, 8 FA Cup, 4 League Cup, dan 7 FA Community Shield. Di musim 2018/2019 lalu, Spurs berhasil mencapai final UEFA Champions League, walaupun harus kalah melawan Liverpool.

Saat ini klub dengan logo ayam jantan ini dimanageri Jose Mourinho dan diisi pemain terbaik seperti Hugo Lloris sebagai penjaga gawang sekaligus kapten, Toby Alderweireld sebagai bek, Delle Alli sebagai gelandang, Harry Kane sebagai forward, dan Heung-min Son sebagai forward.

Arsenal

Memiliki sebutan “the Gunners”, klub yang berbasis di Islington, London ini adalah salah satu klub unggulan di persepakbolaan Inggris. Arsenal berhasil memenangkan 13 gelar liga utama, 14 FA Cups, dan 15 FA Community Shields hingga saat ini.

Hingga musim ini Arsenal masih diperkuat jajaran pemain unggulan seperti Hector Bellerin sebagai bek, Lacazette sebagai forward, Mesut Ozil sebagai gelandang, dan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai forward.




Sumber: Wikipedia.com

Di Jerman, liga kasta teratas bagi pemain sepak bola profesi...

Liga Spanyol tertinggi untuk sepak bola pria profesional dis...

Sepak bola adalah sebuah olahraga populer yang sangat dimina...

Sepak bola adalah permainan bola paling populer di dunia, ba...

Pemain sepak bola terbaik dapat dilihat melalui penghargaan ...

Send Message