Barcelona Kisruh, Bartomeu Diciduk Polisi, Ini Penjelasan Apa Itu Barcagate

Barcelona Kisruh, Bartomeu Diciduk Polisi, Ini Penjelasan Apa Itu Barcagate

Selasa, 02 Mar 2021
Senin (1/3/2021) malam WIB kemarin, kejutan datang dari Barcelona. Josep Maria Bartomeu si mantan presiden diringkus polisi setempat terkait skandal yang disebut Barcagate.

Skandal Barcagate ini sebenarnya sudah mulai tercium sejak Februari 2020 lalu, alias sudah sekitar satu tahun. kala itu kasus ini pun ramai dibicarakan, hanya Barcelona membantah.

Kini, mengutip Cadena SER dan RAC1, sepertinya bukti yang terkumpul sudah cukup kuat. Bartomeu diringkus polisi bersama sejumlah pentolan lain seperti Oscar Grau, Roman Gomez Ponti, dan Jaume Masferrer.

Keempatnya dibawa ke kantor polisi terdekat dan menunggu kesempatan untuk membuat pernyataan. Meski ditahan, kabarnya mereka bisa kembali ke rumah pada Seninmalam waktu setempat.
 

Apa itu Barcagate?

Barcagate adalah istilah yang diberikan oleh media Catalunya terkait skandal besar setahun yang lalu. Kala itu, muncul laporan bahwa Barca menggunakan jasa I3 Ventures untuk menggunakan media soial guna menyerang pemain yang sekarang dan pemain yang sudah pensiun.

Pendeknya, Barca menyewa Buzzer untuk menyerang pemain, menyebar propaganda, seolah-olah membenarkan setiap keputusan klub. Ketika Barca kesulitan, kalah, atau dalam momen buruk, selalu para pemain yang diserang.

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh Cadena SER, salah satu stasion radio terbesar di Spanyol. Buktinya cukup kuat, ada dokumen setebal 36 halaman yang menjelaskan keterlibatan Barca dengan I3 Ventures.

Dokumen ini menunjukkan aktivitas enam akun Facebook berbeda, yang hanya bisa diakses oleh administrator akun tersebut.

Pemain-pemain seprerti Lionel Messi dan Gerard Pique sering jadi korban karena berseberangan dengan Bartomeu.
 

Pembayaran diam-diam

Menurut sejumlah laporan, Barca membayar I3 Ventures sampai total 1 juta euroi per tahun. Selain menyerang Messi dkk. I3 Ventures juga harus memoles citra Bartomeu di depan publik.

Kabarnya pembayaran dilakukan secara berkala dan selalu di bawah 200.000 euro. Hal ini dilakukan supaya pengeluaran dana tidak perlu mendapatkan izin dari dewan pengurus.

Artinya, ini termasuk kejahatan terstruktur dan terencana, meski belum jelas hukuman apa yang mungkin diberikan oleh pengadilan.
 

Sempat membantah

Barca dan Bartomeu sempat membantah keras ketika kasus ini pertama kali muncul di awal tahun 2020 lalu.

Mereka mengaku menjalin hubungan dengan I3, tapi tidak ada hubungannya dengan enam akun mencurigakan tersebut.

Kini Bartomeu tertangkap basah. Menarik menunggu bagaimana klarifikasi eks presiden Barca ini.
 

Christian Pulisic diklaim terlalu bagus untuk tim Chelsea ya...

Ronald Koeman tidak mau Samuel Umtiti disalahkan seorang dir...

Jadwal pertandingan pekan ke-25 La Liga musim 2020/2021. Bar...

Antoine Griezmann hanya menyaksikan rekan-rekannya dari bang...

Lionel Messi kehilangan kontrol pada laga Barcelona vs Athle...

Send Message