Sejarah FIFA World Cup

Sejarah FIFA World Cup

Kamis, 01 Okt 2020
FIFA World Cup atau Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senioar anggota Federasi Sepak Bola Internasional, badan pengatur sepak bola dunia. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu perhelatan olahraga terbesar yang diadakan 4 tahun sekali ini. Namun, apakah Anda sudah mengetahui sejarah FIFA World Cup? Berikut kami ulas asal mula pesta olahraga sepak bola ini.

Awal mula penyelenggaraan World Cup

Pada mulanya kejuaraan sepak bola dunia memang tidak berdiri sendiri, tetapi hanya bagian dari program Olimpiade. Baru pada 1909 upaya membentuk kejuaraan sepak bola dunia secara mandiri terlaksana. Pada 1909 di Torino diselenggarakan sebuah turnamen sepak bola yang bernama Piala Sir Thomas Lipton.

Italia, Jerman, dan Swiss mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen tersebut. Namun sayangnya, persatuan sepak bola Inggris (Football Association/FA) menolak tawaran untuk ikut serta dalam kejuaraan ini.

Sepak bola terus mendapatkan popularitasnya di dunia pada dekade 1920-an. Ini membuat otoritas sepak bola dunia, FIFA (Federation International Football Association), mulai bermimpi bagaimana menggelar turnamen internasional sepak bola yang punya pengaruh besar.

FIFA yang diketuai Jules Rimet, sempat memasukkan sepak bola di Olimpiade 1924 dan dimenangkan oleh Uruguay. Namun, gemanya masih belum besar. Selain itu, muncul konflik siapa yang akan mengatur turnamen itu, FIFA atau Komite Olimpiade Internasional.

Kompetisi sepak bola Internasional pada 1924 itu sebenarnya sukses. Oleh karena itu, FIFA mencoba membuat turnamen sendiri pada 1928 dengan tuan rumah Hungaria. Namun, turnamen ini tak banyak peminat. Hanya ada empat tim yang tampil. Jadi, bisa dikatakan kompetisi sepakbola Internasional tersebut gagal.

Pada 1928 ide untuk menyelenggarakan kejuaraan sepak bola dunia terbesar kembali muncul. FIFA dengan didukung oleh presiden persatuan sepak bola Prancis (FFFA) Jules Rimet dan rekannya Henri Delaunay, peserta kongres dari Amsterdam, bertekad dan memutuskan untuk melaksanakan ide tersebut.

Setahun kemudian, FIFA secara resmi mempersiapkan sebuah kejuaraan sepak bola bernama World Cup dan akan berlangsung setiap empat tahun. Pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Uruguay mendapatkan dukungan dari 23 peserta kongres untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama. Saat itu, Uruguay berhasil menyingkirkan ambisi Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia yang juga mencalonkan diri sebagai negara pertama penyelenggara Piala Dunia pertama.

Sebagai bentuk penghargaan atas upaya yang dilakukan oleh Jules Rimet, piala kejuaraan sepak bola dunia terbesar ini dikenal dengan nama Piala Jules Rimet.


Sumber: Wikepdia.com

Kompetisi olahraga akbar yang dilaksanakan tiap 4 tahun seka...

Permainan blackjack menjadi permainan casino yang paling sul...

Activision resmi umumkan Call of Duty: Mobile World Champion...

Sebelum mulai permainan kartu domino, Anda harus mengetahui ...

Domino yang dikenal juga dengan sebutan gaple atau gapleh ad...

Send Message