Barcelona Babak Belur, Ronald Koeman Keliru Mainkan Gerard Pique

Barcelona Babak Belur, Ronald Koeman Keliru Mainkan Gerard Pique

Rabu, 17 Feb 2021
Ronald Koeman mengambil risiko dengan memainkan Gerard Pique pada duel Barcelona vs PSG. Hasilnya buruk, Barca kesulitan sendiri dan akhirnya kalah.

Rabu (17/2/2021), Barcelona tak berdaya menghadapi gempuran PSG di Camp Nou. Mereka unggul 1-0 terlebih dahulu lewat penalti Lionel Messi, tapi setelahnya PSG yang berpesta mencetak empat gol (1-4).

Hasil ini tentu jadi pukulan telak untuk Barca. Benar masih ada leg kedua, tapi bakal sulit mengejar defisit gol yang terlalu besar.

Koeman pun patut dikritik untuk sejumlah keputusannya kali ini, termasuk keputusan memainkan Pique dan Sergino Dest.
 

Mainkan Pique, apa mau Koeman?

Lini pertahanan Barca memang jadi salah satu titik lemah utama mereka musim ini. Koeman sudah mengutak-atik kombinasi bek sebanyak 19 kali dalam 33 pertandingan.

Kali ini dia memilih menurunkan tim terbaik. Duet Clement Lenglet dan Pique di jantung pertahanan, lalu ada Jordi Alba dan Sergino Dest di kedua sisi sayap.

Masalahnya, Pique baru saja pulih dari cedera panjang dan dia sudah berbulan-bulan tidak bertanding. Entah apa yang dipikirkan Koeman, dia justru menurunkan Pique langsung kontra PSG, yang jelas bukan lawan mudah.

Hasilnya buruk. Pique bermain tanpa ritme dan membuat sejumlah kesalahan fatal. Pique gagal membuang umpan tarik untuk gol kedua PSG dan gagal membuat jebakan offside untuk gol Moise Kean dari tendangan bebas.
 

Dest juga buruk

Bukan hanya Pique yang bermain di bawah standar, Sergino Dest pun main sangat buruk. Skenarionya sama, Dest sudah lama tidak bermain karena cedera, dan langsung diturunkan pada duel sengit kontra PSG.

Benar, Dest merupakan salah satu bek kanan muda berbakat, tapi dia jelas kelimpungan menghadapi kecepatan Kylian Mbappe di laga ini. Dest sering naik dan terlambat turun.

Terbukti, baik Pique maupun Dest sama-sama ditarik sebelum genap 90 menit. Dest ditarik di menit ke-71, Pique ditarik di menit ke-78.

Padahal ada nama Oscar Mingueza yang terbukti bisa menggantikan peran Dest dengan baik, tapi Koeman memilih mengambil risiko dan harus membayarnya.
 

Kata Koeman

Koeman pun tidak membantah. Dia mengakui bahwa keputusan menurunkan Pique berisiko, tapi bagaimanapun risiko itu perlu diambil karena kondisi skuad yang bermasalah.

"Anda tidak pernah tahu kapan momen yang tepat setelah tiga bulan tidak bermain. Dia pun merasa tidak nyaman [sampai ditarik keluar] dan dalam skor 4-1 Anda tidak perlu mengambil risiko," kata Koeman.

Sumber: Whoscored
 

Ronald Koeman yakin Barcelona seharusnya mendapatkan penalti...

Barcelona berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-0 pada ...

Kurang puas dengan performa musim ini Presiden Barcelona men...

Marc-Andre ter Stegen sekali lagi jadi pahlawan Barcelona. M...

Demi membantu keuangan klub Barcelona, Gerard Pique tidak ke...

Send Message