Memuji Formasi 4-4-2 Man City yang Bikin Liverpool Kelimpungan

Memuji Formasi 4-4-2 Man City yang Bikin Liverpool Kelimpungan

Selasa, 09 Feb 2021
Manchester City patut dipuji usai menghajar Liverpool dengan skor 4-1 pada duel lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu. Kemenangan kali ini diraih lewat salah satu kejutan khas Pep Guardiola.

Kejutan ini tepatnya dimulai di babak kedua, setelah 45 menit pertama berakhir 0-0. Guardiola menurunkan formasi berbeda di 45 menit kedua, tepatnya mengubah formasi 4-3-3 jadi 4-4-2.

Hasilnya manjur, Man City bisa mencetak empat gol di babak kedua dan keluar sebagai pemenang. Benar dua dari empat gol Man City terbilang berutung karena blunder Alisson Becker, tapi perubahan formasi ini pun perlu disorot.

Perubahan formasi ini pun digarisbawahi oleh analis Sky Sports dan eks Liverpool, Jamie Carragher.

Biasanya tidak

Menurut Carragher formasi 4-4-2 ala Man City tidak seperti 4-4-2 biasanya. Ada sedikit perbedaan karena Man City bermain tanpa striker alami yang jago mencetak gol.

Perbedaan ini terlihat di lini tengah. Biasanya para gelandang tidak banyak bergerak di formasi 4-4-2, tapi Man City berbeda.

"Ada hal menarik pada laga kemarin [Liverpool vs Man City] yakni ada perubahan formasi di paruh waktu dan Man City mengubah formasi jadi 4-4-2," kata Carragher.

"Biasanya dalam 4-4-2, gelandang adalah pemain yang tidak banyak bergerak. Mereka mungkin menyerang, tapi biasanya gol-gol mereka datang dari sepakan luar kotak penalti."
 

Gol-gol Gundogan

Carragher mengambil contoh kedua gol Ilkay Gundogan pada pertandingan ini. Keduanya tercipta dari dalam kotak penalti, artinya Gundogan meninggalkan posnya di lini tengah untuk naik menyerang.

Inilah yang tidak biasa. Dalam formasi 4-4-2, seharusnya gelandang tidak naik sejauh yang ditunjukkan Gundogan.

"Mereka [para gelandang] seharusnya tidak benar-benar bergerak sampai melewati para penyerang tim," lanjut Carragher.

"Jadi yang membuat saya terpukau kemarin adalah bagaimana dua gol Gundogan tercipta dari dalam kotak penalti," tutupnya.

Sumber: Sky Sports
 

Manchester United bakal bersua Liverpool pada putaran keempa...

Chelsea terus merangkai kemenangan bersama Thomas Tuchel. Se...

Jurgen Klopp mengakui Liverpool pantas kalah dari Manchester...

Paul Pogba dikritik karena gagal memaksimalkan peluang terba...

Perjuangan Liverpool untuk mempertahankan gelar Liga Inggris...

Send Message