Profil dan Fakta Bukayo Saka, Pemain Muda Arsenal yang Gagal Cetak Gol di Euro

Profil dan Fakta Bukayo Saka, Pemain Muda Arsenal yang Gagal Cetak Gol di Euro

Jumat, 16 Jul 2021
Pasca Euro 2020, Bukayo Saka ramai diperbincangkan para pecinta sepak bola. Sebelumnya, ia sempat menjadi bintang bagi timnas Inggris di fase grup. Saat final Euro 2020 melawan Italia, Bukayo Saka ditunjuk sebagai penendang terakhir Inggris di babak adu penalti. Namun, ia gagal menaklukkan Gianluigi Donnaruma.

Setelah final, Saka banyak mendapat hujatan dan pesan rasial di media sosia. Akan tetapi, komentar-komentar negatif itu ia tepis dengan surat terbuka yang diunggah pada akun media sosialnya. Tidak sedikit yang memaklumi kegagalan Bukayo Saka mengeksekusi penalti. Selain karena beban berat yang ditanggung penendang terakhir untuk penalti di euro, Saka juga masih sangat minim pengalaman.

Berikut ulasan profil dan fakta Bukayo Saka.

Profil Bukayo Saka

  • Nama: Bukayo Ayoyinka T.M Saka
  • Tempat tanggal lahir: Earling, Inggris 5 September 2001
  • Tinggi badan: 1,78 m
  • Klub saat ini: Arsenal dan Timnas Inggris

Bukayo Saka merupakan pemain sepak bola profesional Inggris yang saat ini bermain untuk tim Arsenal dan timnas Inggris. Ia berposisi sebagai sayap, bek kiri atau gelandang tengah.

Saka lulusan dari akademi Arsenal. Meski baru lulus, ia tidak canggung bermain di tim utama Arsenal. Ia memiliki skill bagus dengan talenta luar biasa sehingga menjadi aset berharga bagi Arsenal. Berikut ini fakta-fakta dari Bukayo Saka yang tidak banyak orang tahu.

Bukayo Saka Mengidolakan Freddie Ljungberg

Saka tumbuh dewasa dengan mengidolakan gelandang Swedia, Freddie Ljungberg. Ia beruntung sempat dilatih oleh idolanya tersebut. Sebagai pelatih muda di Akademi Hale End Arsenal, Ljunberg mendesak Saka untuk bekerja keras dan tetap rendah hati agar naik kelas.

Bukayo Saka Debut di Usia 17 tahun

Saka melakukan debut pertamanya di tim senior The Gunners sebagai pengganti Aaron Ramsey di menit ke 68.
Di awal bulan Juli 2021, Saka menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Arsenal. Kontrak tersebut berdurasi 4 tahun. Ini berarti masa tinggalnya di London juga diperpanjang hingga 2024.

Bukayo Saka Berkontribusi Memecahkan Rekor di Arsenal

Meskipun masih remaja, Saka berhasil memecahkan rekor di Arsenal sebagai kreator assist terbanyak dalam semusim. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Cesc Fabregas yang mencatatkan 10 assist di semua ajang kompetisi pada musim 2006-07.

Saka sudah mencatatkan 11 assist di semua ajang kompetisi, jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat perjalanan karirnya di Arsenal masih cukup panjang.

Catatan Gol Bukayo Saka

Potensi yang ditunjukkan Bukayo Saka sangatlah besar terbukti dengan keterlibatannya dalam 15 gol di Arsenal. Itu sangat mengagumkan mengingat sejauh ini Saka bermain di empat posisi yang berbeda termasuk di sektor fullback.

Habisnya kompetisi Liga top Eropa membuat beberapa pemain bi...

Antoine Griezmann merupakan pemain sepak bola yang kini bera...

Pedro Gonzales Lopez atau yang lebih dikenal dengan Pedri ad...

Pada final Euro 2020, tim Italia keluar sebagai juara mengal...

Jorge Luiz Frello Filho atau yang lebih dikenal dengan Jorgi...

Send Message