Profil Jorginho, Pemain Timnas Italia yang bersinar di Euro 2020

Profil Jorginho, Pemain Timnas Italia yang bersinar di Euro 2020

Rabu, 14 Jul 2021
Jorge Luiz Frello Filho atau yang lebih dikenal dengan Jorginho merupakan pemain sepak bola profesional Italia yang berposisi sebagai gelandang untuk klub Premier League Chelsea dan timnas Italia. Seperti yang telah diketahui, Italia menjuarai final Euro 2020 melawan Inggris di Stadion London. Jorginho berperan penting dalam kemenangan Italia. Berikut profil dan fakta menarik tentang Jorginho.

Profil Jorginho

  • Nama: Jorge Luiz Frello Filho
  • Tempat tanggal lahir: Brasil 20 Desember 1991
  • Kebangsaan: Italia
  • Tinggi badan: 180 cm
  • Posisi bermain: Gelandang bertahan/ tengah
  • Klub saat ini: Chelsea

Karir yang tidak mulus, Jorginho kerap mendapat kritik

Sebagai anggota timnas Italia, karir Jorginho tidak semulus itu. Ia beberapa kali menuai kritik, bahkan dari fansnya sendiri. Banyak yang menyebutnya dengan sebutan pemain kesayangan atau titipan karena perannya yang tidak terlalu penting di tim (hanya mengalirkan bola).

Kritik pertama yang diperoleh Jorginho adalah dari mantan pelatih Italia Giampiero Ventura yang sempat menyebut tidak ada tempat bagi Jorginho di Timnas karena kelebat metodis. Kemudian, kritik pedas kedua yang ia terima selama 3 musim membela Chelsea meskipun telah sukses mengantar Chelsea menjuarai Eropa dua kali.

Kritik yang diterima Jorginho saat membela Chelsea cukup beragam seperti, pemain lamban, hanya bisa bermain di bawah Sarri, pemain titipan, dan sejenisnya. Bahkan karena kritikan ini, Jorginho sempat ingin pulang ke Napoli.

Dari kritik, Jorginho Bangkit

Meski kecewa dengan kritik yang ditujukan padanya, Jorginho tidak berputus asa dan justru mencoba belajar lebihbaik lagi. Akhirnya ia mampu menjawan semua kritik itu dengan penampilan gemilang bersama timnas Italia di Piala Eropa 2020.

Selama pertandingan, Jorginho menjadi seorang regista yang sudah berkembang pesat baik dari segi kecerdasan maupun pemahaman taktik. Sebagai gelandang bertahan, ia mampu mencatatkan umpan sukses sebanyak 399 kali dengan akurasi mencapai 92,7% (tertinggi ketujuh di antara pemain lain).

Jorginho mampu menjadi pemain kunci di lini tengah Timnas Italia

Jorginho yang sebelumnya dianggap metodis, sekarang menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Italia. Ia melakukan tugas dengan mengatur ritme serta menggerakkan permainan lewat umpan-umpannya.

Berkat Jorginho, Italia mampu memainkan sepak bola ofensif yang memukai di Euro 2020. Jorginho mampu memainkan umpan langsung sehingga serangan yang dilepaskan Italia berjalan lancar.

Terlepas dari sejumlah kritik yang pernah ia terima, Jorginho terus bergerak maju dan menjadi lebih baik hingga mampu berkontribusi dalam menjuarai Euro 2020.

Liverpool dipermalukan Burnley pada duel lanjutan Liga Inggr...

Italia sanggup membungkam Turki dengan skor 0-3 pertandingan...

Menguasai sepanjang pertandingan Spanyol ditahan imbang Swed...

Italia kembali membantai salah satu tim di Grup A, kali ini ...

Banyak yang mengunggulkan skuad Inggris tahun ini, Harry Kan...

Send Message