Profil dan Fakta Gianluigi Donnarumma, Pemain Terbaik Euro 2021

Profil dan Fakta Gianluigi Donnarumma, Pemain Terbaik Euro 2021

Senin, 12 Jul 2021
Pada final Euro 2020, tim Italia keluar sebagai juara mengalahkan Inggris dengan skor akhir 3-2. Salah satu pemain yang menjadi sorotan dan tampil sebagai pahlawan kemenangan adalah kiper Gianluigi Donnarumma. Dinobatkan sebagai Best Player Euro 2020, Donnarumma menggagalkan dua pemain Inggris di adu penalti termasuk Bukayo Saka yang merupakan penendang kelima. Berikut ulasan lengkap profil dan fakta Gianluigi Donnarumma, kiper kebanggaan timnas Italia.

Profil Gianluigi Donnarumma

  • Nama lengkap: Gianluigi Donnarumma (Gigio)
  • Tempat tanggal lahir: Castellammare di Stabia, Italia 25 Februari 1999
  • Kebangsaan: Italia
  • Posisi: Kiper
  • Tinggi: 196 cm

1. Gianluigi Donnarumma bergabung di akademi Napoli pada usia 4 tahun

Donnarumma mulai memasuki dunia sepak bola sejak bergabung di akademi Napoli saat usianya masih 4 tahun. Ia mengenal dunia sepak bola dari pamannya bernama Ernesto yang sekaligus sebagai pelatihnya sewaktu kecil. Ketika berada di akademi Napoli, Donnarumma tidak pernah berpikir akan mendapat posisi sebagai seorang kiper.

2. Donanrumma Diminati 5 klub besar di usia 14 tahun

Saat Donnarumma berusia 14 tahun, ia menorehkan penampilan gemilang bersama akademi Napoli. Penampilan itu membuat dirinya diminati oleh beberapa klub besar di Italia. Beberapa klub besar yang menaruh minat pada Donnarumma adalah Juventus, Udinese, Fiorentina, dan Inter Milan.

Akhirnya, ia memutuskan untuk pindah ke AC Milan karena Donnarumma adalah fans klub tersebut. Saudara laki-lakinya yang bernama Antonio juga pernah membela klub AC Milan.

3. Gianluigi Donnarumma adalah kiper termuda di Timnas Italia

Donnarumma menjalani debutnya bersama Timnas Italia pada 1 September 2016. DI hari iru, ia juga dinobatkan sebagai kiper termuda yang menjalani debut bersama Timnas Italia dalam sejarah. Sejauh ini, Donnarumma sudah tampil sebanyak 22 kali bersama Timnas Italia.

4. Di usia 16 tahun, Donnarumma meraih Gazzetta Sports Awards

Di tahun 2016 saat usia Donnarumma 16 tahun berhasil memperoleh penghargaan Gazzetta Sports Awards. Penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan olahraga paling bergengsi di Italia. Dibuat oleh media Italia bernama La Gazzetta Dell Sport. Tidak mudah untuk meraih penghargaan ini karena hanya atlet-atlet tertentu saja yang masuk dalam nominasi survei. Namun, Donnarumma berhasil menjadi salah satu pemain sepak bola termuda yang meraih penghargaan tersebut.

5. Donnaruma adalah fans kiper legendaris Gianlugi Buffon

Donnarumma merupakan fans berat kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon. Dia adalah salah satu legenda yang pernah dimiliki Italia. Keduanya sama-sama memiliki nama awal Gianluigi membuat banyak orang percaya bahwa Donnarumma adalah peneris Gianluigi Buffon di Timnas Italia untuk 1 dekade ke depan.

Pedro Gonzales Lopez atau yang lebih dikenal dengan Pedri ad...

Alvaro Morata merupakan pemain sepak bola Spanyol yang kini ...

Antoine Griezmann merupakan pemain sepak bola yang kini bera...

Dele Ali merupakan pemain sepak bola profesional asal Inggri...

Kevin De Bruyne merupakan pemain sepak bola profesional asal...

Send Message